Menengok Nissan Menantang Kemustahilan

  • Share

Pada era 1970-an, Nissan berhadapan dengan regulasi gas buang dan efisiensi bensin. Menghadapai tantangan baru tersebut Nissan menghadirkan tren mesin turbo di industri otomotif Jepang. Pada tahun 1979, Nissan meluncurkan `Cedric/Gloria model 430,’ sedan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi mesin turbo.

Langkah  berani ini  adalah teknologi mesin turbo yang tak hanya menghasilkan tenaga besar dari ukurannya yang kecil, tetapi mesin tersebut juga merupakan teknologi hemat bahan bakar, sehingga Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masanya.

banner 336x280

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada bulan Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang. Inovasi-inovasi perdana ini membuat Cedric/Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Pada awalnya, penemuan-penemuan seperti ini terlihat mustahil hingga karyawan-karyawan Nissan berinovasi dan berhasil mewujudkannya. Semangat untuk berinovasi hidup sampai hari ini, tercermin dari terobosan di babak baru Nissan NEXT dalam keseruan berkendara. Nissan memulai babak baru pada 15 Juli 2020.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia